Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Wanita

Informasi tentang efek, khasiat atau apa manfaat minum kopi hitam bagi wanita ini, memang sering dicari oleh Anda kaum hawa yang suka atau hobi minum kopi, baik itu sambil ngumpul bareng teman di cafe atau ketika di rumah sendiri bersama keluarga.

Kopi hitam bisa bermanfaat jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Minum kopi hitam memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan dan nutrisi. Mari kita lihat beberapa manfaat kesehatan terpenting dari minum kopi hitam.

Manfaat Minum Kopi

Meningkatkan memori
Meningkatnya usia menyebabkan menurunnya kemampuan kognitif dan peningkatan risiko penyakit Dementia, Parkinson dan Alzheimer. Meminum kopi hitam di pagi hari bisa meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat. Kopi hitam juga membuat saraf tetap aktif . Studi mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur bisa mengurangi risiko Alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson's 60 persen.

Meningkatkan kinerja saat berolahraga
Salah satu keuntungan terbesar dan terbaik dari kopi hitam adalah meningkatkan kinerja fisik Anda secara drastis dan membantu Anda memberi energi 100 persen Anda selama sesi latihan. Inilah alasan mengapa pelatih olahraga seringkali menganjurkan Anda untuk meminum kopi hitam sebelum Anda berolahraga.

Kopi bisa meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang hebat. Kopi juga mampu memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

Bermanfaat untuk hati
Hati adalah salah satu organ vital tubuh kita karena organ ini sangat berpern penting. Dan tahukah Anda bahwa hati Anda sangat mencintai kopi hitam? Kopi hitam membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis alkohol. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi hitam setiap hari memiliki 80 persen kemungkinan lebih rendah untuk terkena penyakit hati apapun. Kopi membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.

Membuat cerdas
Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bila bereaksi dengan tubuh, memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi, mood, fungsi kognitif dan dengan demikian membuat Anda cerdas selama periode waktu tertentu.

Membersihkan pencernaan
Kopi adalah minuman diuretik sehingga membuat Anda ingin sering buang air kecil. Jadi, itulah sebabnya saat Anda minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri cepat-cepat keluar dengan mudah dalam bentuk urine. Ini membantu membersihkan perut Anda.

Membantu menurunkan berat badan
Kopi hitam membantu menurunkan berat badan dengan cepat sehingga Anda bisa berolahraga lebih lama jika Anda memakainya 30 menit sebelum Anda memasuki arena olahraga. Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen. Kopi juga membakar lemak di perut karena merupakan minuman yang bisa membakar lemak disamping juga merangsang sistem saraf yang menandakan tubuh untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi yang bertentangan dengan glikogen.

Kandungan kafein di dalam kopi dengan takaran tepat bisa membantu Anda menekan naluri atau nafsu makan berlebih. Hal ini akibat banyaknya kehilangan cairan tubuh yang disebabkan sifat diuretik kafein. Namun dalam mengganti cairan tubuh ini, harus ada cairan lain penggantinya misalnya banyak minum air putuh agar tidak terhidrasi.

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Meskipun minum kopi hitam secara teratur meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1-2 cangkir kopi hitam setiap hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

Sumber antioksidan
Kopi hitam adalah sumber antioksidan. Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, potassium dan magnesium. Secangkir kopi hitam mengandung banyak manfaat perlindungan bagi Anda. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam "American Journal of Clinical Nutrition" melaporkan bahwa minum kopi mengurangi tingkat peradangan di dalam tubuh Anda, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah artikel tahun 2004 yang diterbitkan dalam "Journal of Nutrition" mencatat bahwa antioksidan dalam kopi dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif tertentu. Artikel tersebut juga melaporkan bahwa tingkat antioksidan pada kopi lebih tinggi dari pada kadar anggur, teh, buah dan sayuran. Kopi juga bisa melindungi Anda dari penyakit Parkinson dan diabetes tipe 2, menurut MayoClinic.com.

Mengurangi risiko diabetes
Minum kopi hitam setiap hari membantu mengurangi risiko diabetes yang di kemudian hari dapat menyebabkan kerusakan organ dan penyakit jantung. Terlihat orang yang minum 2 atau kurang cangkir kopi ternyata mengalami peningkatan risiko diabetes. Kopi membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin. Baik kopi berkafein dan kopi tanpa kafein fungsinya sama dalam mencegah diabetes.

Membuat Anda menua dengan anggun
Meminum kopi hitam tanpa gula bisa menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap muda. Kopi hitam juga membantu mencegah penyakit Parkinson dengan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Mengurangi resiko kanker
Kanker telah menjadi salah satu pembunuh terbesar di dunia sekarang ini. Senyawa dalam kopi membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker hati, pydr, usus besar dan rektum. Kopi mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama dibalik perkembangan tumor.

Jurnal Kesehatan Harvard melaporkan dalam edisi Februari 2006 bahwa para periset di Harvard Medical School menemukan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 50 persen dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

Mengkonsumsi kopi dengan dosis tepat dan rutin, bisa mengurangi risiko terkena penyakit primary sclerosing cholangitis (PSC), yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, bahkan kanker hati. Kopi juga diyakini dapat menjadi terapi anti kanker, termasuk kanker kulit.

Wanita yang meminum dua cangkir kopi per harinya, maka dia akan mendapat kemungkinan terhindar dari kanker dibandingkan wanita yang tidak meminum kopi.

Membuat hati senang
Minum kopi hitam meningkatkan mood Anda dan membuat Anda bahagia. Ini juga merupakan salah satu solusi terbaik untuk melawan depresi. Meminum 2 cangkir kopi hitam setiap hari sangat baik agar terjaga dari depresi.

Mengurangi stres dan depresi
Terlalu banyak tekanan kerja dan ketegangan dapat menyebabkan depresi dan stres yang pada gilirannya dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan secara serius. Tapi meminum secangkir kopi hitam saat Anda merasa tegang atau down, bisa mendongkrak mood Anda seketika dan membuat segalanya menjadi lebih baik. Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter yang meningkatkan mood.

Penelitian mengatakan bahwa wanita yang meminum kopi hitam secara rutin maksimal 2 cangkir kopi dalam sehari, maka bisa menurunkan risiko bunuh diri. Kopi mengurangi 10 persen rasa depresi dari pada tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Melindungi dari asam urat
Penelitian menunjukkan orang yang meminum lebih dari 4 cangkir kopi hitam, akan memiliki 57 persen terjindar dari risiko terena asam urat. Antioksidan kuat yang ada dalam kopi mengurangi risiko pengembangan asam urat dengan menurunkan kadar insulin dan asam urat dalam tubuh. Bahkan jika Anda menderita asam urat, ini membantu meringankan gejalanya.

Menyembuhkan sakit kepala
Pernah mengalami sakit kepala parah yang membuat Anda menangis? jika ya ada baiknya mencoba mengatasi sakit kepala dengan mengkonsumsi kopi hitam. Seperti diketahui kopi dapat menenangkan pikiran, amun ingat jangan mengkonsumsi kopi hitam dalam jumlah berlebih. Konsumsilah sesuai dengan batas kesehatan bukan karena memenuhi keinginan.

Mengatasi kanker mulut
Kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang langka tetapi dapat menginfeksi beberapa persen dari penduduk Bumi. Kanker jenis ini sangat berbahaya dan juga merusak penampilan karena terletak di dalam mulut. Salah satu cara untuk mencegah kanker ini adalah mengkonsumsi kopi sebagai minuman harian Anda.

Mengatasi nyeri
Berdasarkan Journal of Pain pada Maret 2007, menyatakan bahwa 2 cangkir kopi sehari dapat mengurangi nyeri otot akibat kerja berat hingga 48%.

Meningkatkan asupan serat
Dalam secangkir kopi 20-38 gram memiliki kandungan serat sekitar 1,8 gram.

Memiliki DNA yang lebih kuat
Sebuah studi oleh European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang suka minum kopi memiliki DNA dengan integritas yang lebih kuat sehingga sel-sel darah putih para peminum kopi memiliki tingkat kerusakan DNA yang lebih sedikit.

Menurunkan risiko Multiple Sclerosis
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan 4 cangkir kopi sehari, dapat membantu melindungi tubuh terhadap perkembangan dan terulangnya MS. Dipercaya bahwa kopi bermanfaat dalam mencegah peradangan syaraf yang dapat menyebabkan penyakit ini berkembang. Studi ini dipublikasikan di Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry.

Mengurangi risiko kanker kolorektal 
Dengan mengkonsumsi kopi murni (hitam) setiap hari kemungkinan kanker kolorektal menyusut menjadi 26%, sehingga resiko terkena pun lebih kecil.

Membuat umur panjang
Penelitian yang dipublikasikan pada 17 Juni 2008, Annals of Internal Medicine, menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat kanker, penyakit jantung, dan faktor lainnya.

Namun, studi lain di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya meninggal pada usia dini karena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Penelitian di Jepang menemukan bahwa pria yang secara teratur minum kopi setiap hari memiliki sedikit risiko kematian sebelum waktunya karena sakit. Studi lain dari Harvard juga menegaskan orang yang minum 1-5 cangkir kopi sehari terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kematian pada usia muda.

Berdasarkan penelitian itu disimpulkan bahwa orang yang minum kopi hidup lebih lama daripada mereka yang tidak minum kopi.

Mencegah kerusakan retina
Studi Cornell University menunjukkan bahwa kopi dapat mencegah kerusakan retina yang disebabkan oleh stres oksidatif. Karena kandungan asam klorogenat (CLA) dalam kopi, adalah salah satu antioksidan kuat dalam biji kopi.

Mencegah gigi berlubang
Penelitian di Brasil menyatakan bahwa kopi hitam murni dapat membunuh bakteri di gigi yang menyebabkan gigi berlubang dan rusak. Namun, menambahkan susu atau gula ke kopi menghilangkan manfaat ini. Penelitian dilakukan oleh Departemen Luar Negeri Departemen Luar Negeri pada tahun 1968-1998 pada 1.152 orang. Para peneliti menemukan bahwa kopi tidak menyebabkan penyakit gusi, berguna untuk melindungi gigi dan gusi.

Melindungi dari melanoma
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menyatakan bahwa risiko melanoma menurun dengan mengkonsumsi kopi setiap hari.

Kafein dan Resiko Lain

Kopi hitam mengandung kafein, yang bisa berbahaya bagi kesehatan Anda jika diminum dalam dosis besar. Anda dapat mengkonsumsi dengan aman jika berada pada takaran 200 hingga 300 miligram kafein per hari. Ini berarti Anda bisa minum antara dua sampai empat cangkir kopi.

Mengonsumsi 500 miligram per hari secara teratur dapat menyebabkan Anda mengalami masalah tidur dan dapat menyebabkan iritabilitas, kegelisahan, sakit perut dan detak jantung yang cepat.

Kemudian, minum kopi tanpa kafein dan dicampur dengan bahan lain seperti kopi latte, dapat menyebabkan kolesterol meningkat. Orang yang mengalami kesulitan dalam memetabolisme kafein juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah sedikit informasi tentang manfaat minum kopi hitam bagi wanita dan pria. Informasi lainnya tentang bahaya kopi bagi wanita haid, efek minum kopi bagi wanita hamil dan terhadap pydr wanita, efek terlalu banyak minum kopi hitam, efek dan bahaya minum kopi instan setiap hari serta manfaat minum kopi luwak, akan Saya tulis dalam artikel selanjutnya.

Baca juga :
efek minum kopi instan setiap hari

Sumber : 
http://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-black-coffee-4254.html
http://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/health-benefits-of-black-coffee/articleshow/59397465.cms
https://manfaat.co/manfaat-minum-kopi.html


Back To Top