Takaran Membuat Kopi Susu

Siapa yang tidak kenal dengan minuman kopi susu? Semua kalangan pasti tahu dengan jenis minuman ini. Minum yang satu ini tercipta dari campuran kopi pahit dan gurihnya manis susu. Bila semua itu dicampur dan dibuat menjadi minuman terpisah, baik bagi pecinta minuman kopi dan minuman susu, maka akan merasakan rasanya yang berbeda dari minuman yang satu ini.

Kali ini saya akan coba sampaikan kepada pembaca tentang takaran yang tepat dalam membuat minuman kopi susu dengan resep sederhana namun tidak kalah dengan kafe warung kopi di Italia sana.

Takaran 1
Bahan:
- 1 sdm kopi bubuk
- 3 sdm susu kental manis
- 1 sdm krim
- 2 sdm gula pasir
- setengah sendok teh bubuk coklat polos
- 160 ml air panas

Cara membuatnya, masukkan bubuk kopi ke dalam gelas, lalu masukkan gula, lalu bubuk coklatnya. Masukkan air panas ke dalam gelas perlahan. Cara ini akan sangat mempengaruhi aroma kopi yang muncul dalam segelas susu kopi.

Biarkan beberapa saat, pasnya sekitar 15 detik lalu masukkan susu kental manis ke dalam gelas. Aduk merata sampai semua bahan terlarut sempurna di air. Agar rasanya lebih enak, masukkan creamer di bagian atas busa kopi yang ada. Kopi susu sudah selesai dan siap disajikan.


Takaran Membuat Kopi Susu


Takaran 2
Bahan :
- 1 sachet susu kental manis
- 1 sendok makan kopi bubuk hitam
- 1 sendok makan creamer
- 1/2 sendok teh bubuk coklat plain
- 3 sendok teh gula pasir
- air panas secukupnya

Cara membuatnya, siapkan satu buah gelas. Tuang kopi bubuk hitam, gula pasir, dan bubuk coklat plain ke dalam gelas yang sudah disiapkan. Tuangkan air panas secukupnya. Lalu, tambah susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir, sebagai penikmat rasa, tambahkan creamer di atasnya. Kopi susu coklat polos sudah siap untuk dinikmati.

Takaran 3
Bahan:
- 300 ml susu cair berwarna coklat hangat
- 2 sendok teh kopi
- Kayu manis 3 cm
- 75 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh spekuk
- 200 ml air

Cara membuat kopi susu dengan campuran kayu manis, campurkan gula, kayu manis, air, dan spekuk. Masak sampai mendidih dan harum. Campur bahan rebusan tdi dengan kopi. Aduk sampai rata. Tambahkan susu susu coklat hangat. Aduk sampai tercampur rata. Kopi susu kayu manis siap disajikan.

Artikel lainnya :
resep kopi susu kekinian
- resep kopi susu warkop
- resep kopi susu tradisional
- cara membuat kopi susu dingin
- cara membuat kopi dottoro
- resep kopi susu kekinian

Sumber :
https://www.kompasiana.com/hendryskip/cara-membuat-kopi-susu-praktis-enak-dan-menyehatkan_5944a92591fdfde30d6ac7e9
http://www.lintaskopi.com/cara-membuat-kopi-susu-spesial-dan-nikmat/

Back To Top