Apa Manfaat Kopi Hitam Pahit Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda menyukai kopi hitam pahit tanpa gula ? Kalau iya, berarti saatnya Anda mengetahui berbagai manfaat kopi hitam pahit bagi kesehatan tubuh para peminumnya. Beberapa pertanyaan yang masih menggelayut di hati Saya, akan dijadikan sub bahasan pada artikel kali ini. Pertanyaan itu adalah seputar :
- manfaat kopi pahit untuk diet
- manfaat kopi hitam bagi pria
- manfaat kopi hitam bagi wanita
- kopi pahit bikin kurus, betulkah ?
- kopi tanpa gula lebih sehat, benarkah ?

Apa sih kopi hitam pahit itu ? Saya yakin Anda sudah tahu, kopi pahit adalah kopi yang dibuat dengan bahan kopi doang plus air tanpa tambahan gula, moca, susu, cream dan lain sebagainya. Pokoknya murni kopi saja.

Lalu apa yang menyebabkan kopi bisa memberikan manfaat ? Sudah menjadi rahasia umum kalau kopi mengandung kafein. Sebagian orang menganggap bahwa kafein bisa menjadi biang keladi segala penyakit termasuk menyebabkan masalah jantung dan insomnia. Padahal jika dikonsumsi secara benar dengan dosis yang pas dan orang yang tepat, justru akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Memang betul, segala macam minuman yang mengandung kafein termasuk kopi hitam bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam dosis yang besar. Namun itu juga tergantung jenis kopinya juga karena kadar kafein tiap jenis kopi berbeda-beda. Perbedaan kadar kafein ini tergantung beberapa faktor diantaranya proses pemanggangan, penggilingan dan proses memasak kopi. Maka jangan heran kalau ada jenis kopi dekafein yang artinya kadar prosentasi kafeinnya mendekati nol.

Nah, berikut ini Saya sajikan beberapa manfaat mengkonsumsi kopi hitam pahit tanpa gula yang Saya ambil dari berbagai sumber terpercaya.

Mempercepat kinerja otak
Kafein yang terdapat di dalam kopi bisa mengatasi adenosin yang tidak normal. Apa itu adenosin ? Adenosin merupakan bahan yang sering menyebabkan kantuk sehingga cepat tidur serta dapat menghambat kinerja otak. Kafein akan memicu sistem kerja otak sehingga Anda tidak akan merasa mengantuk atau lelah. Kafein akan membalikkan fungsi kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi yang muncul adalah perasaan segar, senang, mata melotot, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra. Nah, kalau Anda merasa seperti sedang tulalit, lebih baik cepet-cepet ke dapur, bikin kopi pahit supaya otak dan memori Anda kembali fresh. Kalau mau rutin, cukup 2 cangkir saka per hari, maka memori Anda akan terpelihara.

Menangkal radikal bebas
Radikal bebas ini adalah sumber berbagai penyakit yang datangnya diantaranya dari paparan sinar matahari. Dampak yang ditimbulkan akibat radikal bebas adalah penyakit kanker. Dan kopi merupakan minuman yang menjadi sumber antioksidan tinggi yang bisa menjadi solusi dalam menangkal berbagai radikal bebas.

Sebagai sumber nutrisi
Selain sumber antioksidan alami, kopi juga mengandung berbagai nutrisi yang penting buat tubuh diantaranya adalah kalium, kalsium, niasin, kromium, magnesium, flavonoid dan vitamin E. Fungsi masing-masing nutrisi tersebut adalah :
- Kromium untuk mengendalika kadar gula dalam darah.
- Magnesium dan kromium untuk menurunkan kolesterol jahat.
- Flavonoid untuk menurunkan resiko terkena penyakit akut.

Mengurangi kerusakan fungsi syaraf
Wanita dan pria yang sudah berumur atau lanjut usia akan mengalami penurunan fungsi syaraf. Penuruna fungsi syaraf ini akan mengakibatkan menurunnya kemampuan aktifitas. Namun jika Anda lansia mengkonsumsi kopi hitam secara teratur, maka hal tersebut bisa mengurangi semua jenis resiko kerusakan yang berhubungan dengan syaraf. Hal ini bukan isapan jempol saja, soalnya telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang kemudian diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 2002.

Mengurangi resiko diabetes
Namanua juga kopi hitam, otomatis nggak pakai gula. Soalnya jika pakai gula, justru akan menambah potensi kenaikan kadar gula dalam darah, apalagi hal ini jelas nggak bagus buat mereka yang sudah terindikasi terkena diabetes. Kopi itu sendiri bisa bermnafaat untuk melancarkan proses metabolisme sehingga bisa mengendalikan dan menyeimbangkan produksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Terhindar dari resiko kanker
Menurut sebuah sumber, kopi berkafein mampu memberikan manfaat dalam melindungi dari serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Kanker hati dan kanker payudara juga termasuk jenis kanker yang bisa diminimalisir resikonya dengan meminum kopi hitam pahit.

Menjadikan tubuh lebih fit
Menurut pakar kopi, Ory Hofmekler, dia menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi hitam pahit dengan cara yang benar, bisa membuat tubuh menjadi lebih fit dan fresh selain juga menjadikan otot menjadi lebih kuat.

Meningkatkan produktifitas
Karena kopi membuat Anda fit selain juga membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, maka hal ini akan meningkatkan produktifitas Anda dalam beraktifitas. Kafein yang terdapat di dalam kopi mampu mengirimkan efek stimulan pada syaraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

Minuman alternatif diet
Minuman apapun jika tidak pakai gula maka sangat rendah kalori, termasuk kopi hitam pahit. Makanya jika Anda seorang pelaku diet dan doyan minum kopi, silahkan terus minum kopi dengan syarat tanpa pakai gula karena kopi hitam pahit sangat mendukung program diet Anda. Menurut fakta, kalori yang terkandung di dalam kopi hitam itu sangat sedikit yakni 4,7 kalori, berbeda jauh apabila kopinya dicampur gula dan susu yang kalorinya dapat mencapai 56,6 kalori.

Meningkatkan kesehatan tulang
Penyebab tulang tidak sehat adalah kekurangan kalsium dan ini lumrah terjadi pada lansia. Mengapa ? Karena pada saat lansia, kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik. Kabar baiknya, kalsium yang terkandung dalam kopi, justru bisa meningkatkan kesehatan tulang sehingga jelsa akan mencegah berbagai keluhan pada tulang khususnya masa lansia.

Menyehatkan jantung
Seperti telah disebutkan di atas bahwa kopi itu mengandung kalium. Kalium ini bermanfaat dalam menguatkan otot-otot jantung supaya detak jantung dalam keadaan normal. Penyebabnya bisa karena timbunan lemak sehingga menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah. Dan salah satu solusi praktisnya adalah meminum kopi hitam pahit.

Mencegah depresi
Bagi sahabat yang sedang mengalami galau, stress atau lagi depresi akibat terlalu banyak masalah, coba deh buru-buru ke dapur dan bikin kopi pahit sepahit-pahitnya. Mau bukti, silahkan praktekkan minum kopi pahit 2 kali sehari saja.

Agar manfaat di atas lebih kerasa, sebaiknya diimbangi pula dengan pola hidup sehat, seperti banyak minum air putih, rajin berolahraga, makan teratur, menjauhi makanan instan dan istirahat teratur. Semoga apa yang Saya sampaikan bisa bermanfaat buat pembaca semua.

Beberapa tema lainnya yang akan Saya share adalah tema seputar :
- efek samping minum kopi tanpa gula
- manfaat kopi hitam bagi perokok
- bahaya kopi hitam

Tag : manfaat kopi hitam
Back To Top