Cara Membuat Kopi Aren

Sebelum Saya update status bagaimana cara membuat kopi aren, terlebih dahulu Anda mesti tahu dulu apa itu kopi aren. Kopi aren merupakan inovasi historis kreatif yang berkolaborasi antara produk kopi dan gula aren.

Kisahnya, di komunitas Karo, kopi ini dikenal sebagai "Kopi Kerep". Cara menyajikan kopi aren ini tanpa mengaduknya dengan gula, tapi dipisahkan dari gula aren. Gula "dikerep" (digigit) secara perlahan. Kopi Kerep adalah seni minum kopi di masa lalu bagi orang Karo.

Membuat kopi aren bisa bermacam cara. Diantaranya dengan menyajikan kopi asli yang diseduh tanpa gula. Tetapi air tawar yang biasanya direbus, akan diganti dengan air nira yang direbus dengan suhu tertentu dan diaduk dengan bubuk kopi.

Metode ini akan menjadi cara baru dalam seni menyajikan kopi di cafe-cefe. Namun di era industri kreatif ini, membuat kopi aren dilakukan dengan cara mencampur kopi bubuk asli yang dicampur dengan gula aren bubuk dengan pengaturan perbandingan volume yang disesuaikan. Kemudian diproduksi oleh industri dengan standar internasional dan ditawarkan dalam berbagai kemasan.

Sekarang tibalah saatnya untuk mengetahui salah satu resep membuat kopi aren yang mantap. Kali ini Saya akan buat Aren Ice Coffee. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat kopi aren dingin. 

Bahan :
- 2 sendok teh bubuk Espresso
- 250 ml air panas
- 3 sdm Creamer
- es batu secukupnya
- Sirup gula merah
- 100 g gula aren, diparut
- 50 ml air
- 1 sdt ekstrak vanili

Cara membuatnya, masaklah air, gula merah dan ekstrak vanili hingga kental dan sisihkan. Dalam gelas, tambahkan air panas, bubuk espresso, Creamer, dan sirup gula aren, aduk rata. Sajikan panas atau dingin dengan es batu.

Itulah resep cara membuat es kopi susu gula aren yang dibuat di rumah sendiri oleh istri. Tapi kalau Anda belum punya istri, bolehlah nyoba resep es kopi susu tetangga sebelah.
 
Sumber :

Tag : kopi aren, membuat kopi
Back To Top