Kopi Hijau Penurun Berat Badan

Kopi hijau penurun berat badan - Kopi hitam dan kopi luwak (kopi putih) tentu saja dua jenis kopi yang sudah akrab setiap hari. Bahkan, mungkin salah satunya adalah favorit kita. Lalu bagaimana dengan kopi hijau? Mungkin kopi jenis ini masih asing bagi Anda, tetapi penting untuk mengetahui bahwa kopi hijau adalah salah satu tren yang dipilih untuk mengatasi masalah obesitas oleh masyarakat.

Apa itu kopi hijau? Mirip dengan jenis kopi lainnya, kopi hijau adalah kopi yabg terbuat dari biji kopi dan memiliki dua unsur penting yang ditemukan dalam kopi, yaitu kafein dan asam klorogenat. Sebenarnya biji kopi berwarna hijau tetapi karena melalui berbagai proses seperti menggoreng atau memanggang sehingga warna biji kopi yang berwarna hijau menjadi coklat dan hitam dan inilah yang membedakan kopi hijau dari jenis kopi lainnya.

Kopi hijau tidak melalui proses penggorengan atau pemanggangan sehingga memiliki warna yang sama dengan biji kopi yang berwarna hijau dan karena warna hijau itulah sehingga disebut kopi hijau. Karena tidak melalui proses penggorengan atau pemanggangan, kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenat lebih banyak daripada jenis kopi lain yang telah menjalani proses penggorengan atau pemanggangan. Kandungan asam klorogenik yang tinggi adalah salah satu kelebihan kopi hijau dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Bisakah kopi hijau menjadi kopi penurun berat badan? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein yang ditemukan di semua jenis kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11% yang akan menyebabkan penurunan berat badan.

Namun, selain kafein ternyata ada kandungan lain dalam kopi yang dapat menurunkan berat badan lebih cepat; yaitu asam klorogenik. Sekarang, ketika biji kopi diproses melalui proses penggorengan atau pemanggangan, kandungan asam klorogenat berkurang. Karena itu, konten dalam kopi kemasan dan kopi hitam biasa tidak banyak. Sementara itu, kopi hijau sebenarnya diproses tanpa melalui proses penggorengan atau pemanggangan sehingga kandungan asam klorogenat di dalamnya lebih tinggi dari kopi biasa.

Bagaimana cara kerja asam klorogenik ini? Asam klorogenik bekerja dengan mengurangi penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan, yang menurunkan kadar gula darah dan insulin. Dengan kata lain, kandungan asam klorogenat yang ditemukan dalam kopi hijau dapat membantu kita dalam mengurangi berat badan, mengurangi penyerapan lemak yang berasal dari makan makanan, mengurangi lemak yang tersimpan di hati dan meningkatkan fungsi pembakaran lemak dalam hormon adiponektin.

Selanjutnya, berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, menemukan fakta bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kopi hijau memang mengalami penurunan berat badan yang lebih besar, ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsinya. Selain itu, kandungan asam klorogenik juga berfungsi untuk menurunkan gula darah sehingga dapat membantu mereka yang memiliki masalah dengan gula darah.

Walaupun memiliki banyak manfaat, terutama dapat mengurangi berat badan, sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena sama seperti kopi jenis lain jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek buruk pada kesehatan. Konsultasikan terlebih dahulu jika Anda ingin mengkonsumsi kopi ini secara teratur dengan para ahli!

Itulah informasi seputar kopi hijau sebagai pelangsing atau diet. Jika Anda penasaran bagaimana rasa kopi hijau itu, Anda bisa membelinya di toko online yang jual kopi hijau atau bisa juga di minimarket terdekat di kota Anda. Biasanya di minimarket ada juga ditemukan kopi hijau Nescafe dan bisa langsung Anda coba. Jadi ngga usah susah-susah beli biji kopi ke petani terus bikin proses pembuatan kopi hijau sendiri di rumah. Ribet nantinya. Mendingan beli aja langsung, jadi kita bisa buktikan apakah benar kopi hijau itu bisa dijadikan penurut berat badan, sekalian buktikan sendiri bagaimana manfaat kopi hijau untuk wajah dan kesehatan secara umum.

Sumber :
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b72632e04c827158b4567/green-coffee-si-biji-kopi-hijau-penurun-berat-badan/

Back To Top