Manfaat Kopi Hitam untuk Wajah

Kopi adalah minuman yang ternyata memiliki banyak manfaat. Umumnya orang menggunakan kopi untuk menahan diri dari kantuk dan meningkatkan energi. Tapi siapa sangka kalau kopi yang rasanya enak ini bisa digunakan untuk perawatan wajah dengan dibuat sebagai masker wajah.

Tentu saja kopi yang digunakan bukan kopi yang sudah dicampur dan bukan dari kopi kemasan yang biasa kita konsumsi, tetapi kopi bubuk murni. Kandungan kafein yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama mereka yang menderita tekanan darah tinggi, tampaknya bermanfaat bagi kulit wajah.

Manfaat kopi hitam untuk wajah ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampur kopi dengan sedikit air lalu oleskan ke wajah Anda selama 15 hingga 20 menit. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mencampur kopi dengan madu, lemon, atau lidah buaya. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker kopi untuk kulit wajah Anda.

Membuang sel kulit mati
Salah satu penyebab wajah tampak kusam adalah penumpukan sel-sel kulit mati. Jika kulit wajah Anda terlihat kusam dan kasar, Anda dapat menggunakan masker kopi sebagai masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kekotoran di wajah Anda. Jika Anda rutin menggunakan masker kopi, maka sel-sel kulit akan terangkat dan wajah tampak lebih segar dan cerah.

Sebagai antioksidan
Kopi dikenal karena kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol dan flavonoid. Sifat antioksidan kopi sebenarnya lebih tinggi dari sayuran dan buah-buahan, tetapi tentu saja kopi bubuk murni dan bukan kemasan. Inilah alasan mengapa kopi sangat berguna dalam mengatasi masalah kerusakan kulit akibat sinar UV dan radikal bebas.

Radiasi berbahaya dapat menyerang kulit dan kopi setiap saat dengan sifat antioksidan yang sangat mampu membantu dengan memberikan perlindungan maksimal terhadap kulit. Iritasi dan kemerahan yang sering terjadi pada kulit wajah Anda akibat sinar matahari otomatis akan ditangani secara sempurna dan alami. Masker kopi dapat mengatasi masalah kulit wajah yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas.

Melembutkan dan menghaluskan kulit wajah
Seperti yang dijelaskan di atas, masker kopi dapat sepenuhnya menghilangkan sel kulit mati. Ini bisa membuat wajah yang terasa kasar menjadi lebih halus dan lembut. Kopi dapat digunakan sebagai scrub sehingga membuat kulit lebih halus. Tidak semua wajah memiliki tekstur kulit yang halus sehingga kita dapat menggunakan kopi sebagai solusi terbaik.

Kulit wajah Anda akan terasa begitu lembut ketika Anda menggunakan kopi dengan cara-cara berikut. Sediakan 2 sendok makan kopi bubuk bersama dengan jumlah cokelat atau bubuk cokelat yang sama. Jangan lupa tambahkan 3 sendok makan susu dan 1 sendok makan madu.

Jika Anda memiliki tipe wajah berminyak, lebih baik tidak menggunakan susu, tetapi pilih yoghurt.
Campuran tersebut dapat langsung dioleskan ke wajah Anda secara merata, tunggu sekitar 30 menit sebelum dicuci menggunakan air bersih. Kulit tidak hanya lebih kencang tetapi juga pasti lembut.

Mengatasi wajah berminyak
Wajah berminyak akan rentan terhadap jerawat. Selain itu, wajah berminyak terlihat lebih kusam dan menyebabkan banyak kotoran menempel di wajah dengan mudah. Masker kopi dapat mengatasi wajah berminyak ini sehingga wajah lebih lembab jika dimasker secara teratur.

Menyamarkan noda bekas jerawat
Jerawat adalah masalah utama bagi wanita. Selain mengganggu penampilan, kadang-kadang jerawat menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, jerawat dihindari oleh semua orang. Ketika jerawat muncul, kebanyakan orang akan memijit jerawat sampai pecah karena mereka ingin segera menyingkirkannya.

Tapi cara ini benar-benar akan meninggalkan noda di wajah. Bahkan jika kita tidak menggunakan metode yang benar, noda itu tidak akan hilang. Bekas jerawat sangat mengganggu dan membuat kulit Anda terlihat tak halus.

Terkadang, bekas jerawat lebih menjengkelkan daripada jerawat itu sendiri. Untuk itu Anda harus menyamarkan noda hitam atau kemerahan bekas jerawat itu dengan menggunakan masker kopi. Untuk menyamarkan kulit dengan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan masker kopi dengan campuran madu. Dijamin, bekas jerawat akan memudar.

Menghilangkan komedo
Komedo biasanya muncul di sekitar hidung dan berwarna putih. Jika komedo tidak segera dibuang, komedo akan berubah menjadi komedo warna hitam dan pada akhirnya akan sulit untuk dihilangkan. Masker kopi dapat mencegah komedo dan bahkan dapat menghilangkan komedo pada hidung. Cukup meletakkan masker kopi di hidung, maka akan membuat komedo mengangkat dan hidung menjadi bersih.

Mengatasi wajah kusam
Seperti telah disebutkan bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu kopi dapat mengangkat kulit mati di wajah sehingga wajah akan terlihat lebih cerah jika masker digunakan secara teratur. Masker kopi juga akan membuat wajah lebih segar.

Sebagai Anti Inflamasi
Dalam kopi, ada kandungan kafein yang sering kita gunakan sebagai penambah energi, terutama ketika sudah pagi ketika kita ingin melakukan aktivitas dan di malam hari ketika kita ingin begadang larut malam.

Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa kafein dalam kopi mengandung sifat anti-inflamasi yang tinggi, sehingga sangat manjur untuk menghilangkan pembengkakan dan kemerahan pada kulit wajah.

Bahkan telah diteliti bahwa kafein adalah bahan yang manfaatnya setara dengan aspirin yang dapat meminimalkan pembengkakan. Ini juga telah terbukti ketika kopi ditambahkan dan dicampur dengan krim anti-inflamasi. Hasilnya adalah hasil yang sangat baik dan positif untuk kulit tanpa efek samping yang berbahaya.

Menyamarkan mata panda
Bukan hanya masalah di wajah yang sering menjadi keluhan bagi wanita, lingkaran hitam di bawah mata (mata panda) juga menjadi salah satu hal yang paling sering mengganggu penampilan. Mata panda merupakan momok bagi semua orang karena akan membuat penampilan Anda lebih lesu dan tidak segar.

Kurang tidur dapat membuat mata dikelilingi oleh lingkaran hitam dimana ini biasanya dialami oleh orang yang terlalu sibuk tanpa istirahat. Jika mata panda terjadi pada Anda, silakan membuat ramuan masker wajah atau masker khusus untuk area mata dengan cara berikut.

Setelah membuat kopi murni, ambil ampasnya sesuai dengan yang Anda butuhkan lalu gosokkan ke area di bawah mata. Tunggu sekitar 15 menit sebelum Anda menggunakan air bersih untuk membersihkan wajah Anda.

Kandungan kafeinnya akan membuat mata panda menghilang jika masker mata atau wajah ini digunakan secara teratur, terutama sebelum tidur. Untuk hasil maksimal, Anda dapat melakukannya secara rutin dua hingga tiga kali seminggu.

Mencerahkan kulit wajah
Kafein dalam kopi murni juga sangat bermanfaat dalam membuat kulit lebih cerah. Berkat kafein ini, kulit menjadi lebih sehat karena memberikan perlindungan pada kulit dari serangan bakteri, jamur dan virus yang dapat membuat kulit kusam. Kulit kusam adalah masalah bagi setiap wanita, jadi kopi adalah salah satu solusinya.

Anda dapat menyiapkan bubuk kopi murni yang kemudian dapat dicampur bersama dengan garam dalam air yang cukup. Campuran kopi murni dan garam ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan atau mencuci muka setiap hari.

Setelah itu, Anda masih bisa menggunakan bubuk kopi yang sama untuk menggosok dan memijat ke wajah. Tujuannya adalah untuk mengelupaskan kulit sehingga sel kulit mati terangkat sempurna. Lalu bilas dengan lebih banyak air kopi agar lebih optimal.

Memperkecil pori-pori wajah
Jika pori-pori wajah Anda besar, wajah Anda akan mudah menjadi berminyak, menyebabkan komedo dan jerawat. Tekstur wajah yang tidak halus biasanya disebabkan karena pori-porinya terlalu besar. Menggunakan masker kopi secara teratur dapat menyeimbangkan kadar minyak pada wajah sekaligus mengurangi pori-pori.

Caranya mudah, Anda bisa menggunakan masker kopi secara rutin yang akan mengecilkan pori-pori wajah Anda sehingga wajah Anda akan terbebas dari minyak, komedo dan jerawat yang sering muncul. Komedo dan jerawat akan menjauhi wajah Anda.

Mengurangi risiko kanker kulit
Karena memiliki sifat antioksidan, jelas juga bahwa kopi murni dapat mengurangi potensi seseorang untuk terkena kanker kulit. Seperti sudah dijelaskan, kopi memberikan perlindungan untuk kulit wajah dengan cara menghambat enzim protein tertentu sehingga risiko pertumbuhan kanker bisa berkurang. Itulah mengapa menggunakan masker kopi murni sangat baik untuk kulitwajah.

Mengobati Rosacea
Rosacea adalah penyakit kulit yang penyebab pastinya belum diketahui. Penyakit ini terjadi pada kulit wajah di mana gejalanya meliputi timbulnya kemerahan kecil, bintik-bintik berisi nanah dan munculnya rosacea di dahi, pipi dan hidung.

Adanya benjolan melingkar juga dapat mengganggu ditambah dengan fakta bahwa gejala-gejala ini dapat terjadi selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Gejalanya juga bisa hilang tetapi akhirnya pasti akan kembali lagi. Kopi murni adalah solusi yang dapat digunakan sebagai masker wajah untuk mengobati penyakit ini secara alami.

Mengencangkan kulit
Anda bisa mencegah munculnya kerutan di wajah dengan masker kopi. Kopi dikenal karena manfaat yang dapat menghilangkan kerutan. Gunakan masker kopi secara teratur untuk mencegah penuaan dini. Masker kopi adalah pilihan yang tepat untuk menyamarkan garis-garis halus atau kerutan dan mengencangkan kulit wajah Anda.

Anda dapat menggunakan bubuk kopi dan harus mencampurnya dengan putih telur yang cukup. Aduk hingga halus dan bisa dioleskan langsung ke wajah sebagai masker. Biarkan maksimal 15 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.

Anda juga bisa menggunakan larutan kopi yang sudah diseduh. Anda bisa mencelupkan kapas ke dalamnya dan kemudian menggosokkannya ke kulit wajah secara menyeluruh.

Menghidrasi kulit
Kita tahu bahwa air memiliki manfaat dalam membuat kulit wajah terhidrasi sempurna, namun kali ini Anda dapat menggunakan kopi. Selain mampu mengencangkan kulit wajah, bahkan dengan kopi Anda bisa membuatnya lebih lembab atau terhidrasi lebih alami. Jika Anda memiliki kulit kering, silakan membuat masker kopi dengan cara yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya dan gunakan susu dan bukan yogurt.

Menyegarkan kulit
Kopi yang digunakan sebagai masker sangat mampu membuat kulit lebih segar, yaitu dengan membuat es batu dari larutan kopi. Jika Anda berpikir bahwa kulit wajah akan terasa lebih segar dengan air biasa, Anda salah karena ternyata kopi juga sangat berguna.

Sediakan segelas kopi, lalu Anda bisa menuangkan larutan pada cetakan es batu. Jangan lupa lalu taruh di kulkas, terutama freezer sampai benar-benar beku. Setelah beku, es batu dapat diambil dan digosokkan pada wajah sampai es batu habis. Kemudian Anda dapat membilas wajah Anda menggunakan air biasa.

Sebagai exfoliator
Manfaat pengelupasan wajah tidak boleh diremehkan karena dengan pengelupasan kulit wajah dengan bahan-bahan alami seperti kopi, semua masalah kulit wajah akan teratasi. Anda dapat membuat bubuk kopi murni sebagai scrub atau masker wajah yang akan membantu kulit mengelupas.

Mengupas kulit menunjukkan bahwa sel-sel kulit mati telah diangkat dan ini berarti akan ada sel-sel kulit baru yang akan muncul. Jadi, tidak mengherankan jika kulit wajah Anda akan menjadi lebih halus, segar, bersih, dan selalu lembab dari kekeringan. Setelah menggunakan masker, Anda dapat membilas wajah Anda bersih dan menerapkan pelembab wajah.

Merevitalisasi kulit
Kulit wajah juga perlu mendapatkan revitalisasi, dan kopi adalah bahan yang tepat untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang sempurna secara alami. Jika Anda tidak tahu cara melakukannya, berikut ini langkah-langkah untuk membuat masker wajah dengan tujuan revitalisasi.

Sediakan 3 sendok teh kopi bubuk yang dapat dicampur dengan 1 sendok teh susu cair. Kedua bahan dicampur secara merata dengan mengaduk sampai akhirnya pasta terbentuk. Oleskan pasta ke wajah sambil memberikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar, lalu tunggulah hingga kering dan cuci menggunakan air dingin. Tepuk-tepuk wajah Anda menggunakan handuk untuk mengeringkannya.

Menghilangkan jerawat
Facial di salon biasanya solusi yang tepat bagi mereka yang ingin wajah mereka bersih dari jerawat atau komedo. Namun, Anda perlu tahu juga apa bahaya facial di salon sembarangan. Akan jauh lebih aman dan lebih terjamin saat Anda menggunakan masker kopi untuk menyingkirkan jerawat.

Sediakan kopi murni, ingat jangan mencampur dengan gula atau bahan lainnya. Gosokkan seluruh wajah Anda secara menyeluruh dan pijat agar kandungan kopi yang baik dapat terserap. Tunggu 30 menit sebelum membersihkan wajah dengan air dan sabun pembersih wajah. Untuk hasil optimal, 3 kali seminggu adalah waktu perawatan yang direkomendasikan.

Menenangkan kulit
Kopi hitam murni tanpa campuran apapun akan menjadi obat penenang kulit alami. Selain mampu menyegarkan dan melembabkan kulit wajah, kopi sangat berguna dalam memberikan efek rileks dan tenang pada kulit wajah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika peradangan kulit datang, masker kopi akan mengatasinya.

Lalu bagaimana caranya kita membuat masker kopi untuk wajah dan bagaimana mengaplikasikannya sehingga semua manfaat di atas bisa kita nikmati ? Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan selian beberapa resep yang telah Saya sebutkan di atas dalam memanfaatkan ampas kopi menjadi masker wajah.

Cara pertama bisa dilakukan sebelum mandi. Siapkan kopi yang sudah menjadi masker secukupnya, kemudian gunakan pada kulit dengan menggosoknya dengan lembut pada wajah sambil melakukan pijatan lembut. Lakukan cara ini selama 10 menit lalu tunggu hingga 10 menit sampai kopi mengering. Setelah itu bersihkan dengan sabun pembersih muka.

Cara kedua bisa ditambahkan dengan madu secukupnya. Campurkan kopi dan madu secara merata dan kemudian oleskan pada wajah dan lakukan hal-hal seperti cara pertama. Biarkan masker meresap selama sekitar 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat dan ulangi dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Cara ketiga dengan menambahkan 1 porsi putih telur. Campur bahan-bahan tersebut secara merata, lalu gosok perlahan di wajah. Tunggu hingga masker mengering selama sekitar 15 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

Kita akan mendapatkan manfaat maksimal dari masker kopi jika digunakan secara rutin sekitar 2 hingga 3 kali seminggu. Selain itu, dengan bahan tambahan seperti telur dan madu akan memaksimalkan fungsi kopi.

Itulah beberapa manfaat masker kopi hitam sendiri untuk wajah berjerawat/berminyak yang bisa dicampur dengan garam atau jeruk nipis atau putih telur beserta cara membuat masker kopi tersebut.

Sumber :
https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/beauty/manfaat-dari-masker-kopi-untuk-perawatan-kulit-wajah/
https://www.popbela.com/beauty/skin/jennifer-a-tanjung/manfaat-masker-kopi-untuk-wajah/full
http://hariangadis.com/manfaat-kopi-untuk-wajah/
https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/wajah/manfaat-masker-kopi

Tag : manfaat kopi hitam
Back To Top