Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api

Bagaimana cara membuat kopi hitam Kapal Api yang nikmat, enak dan mantap surantap ? Begini cara bikinnya berdasarkan pengalaman Saya sendiri dalam membuat kopi hitam Kapal Api yang nikmatnya nggak ketulungan.

Langkah-langkahnya begini Mas
- Masak dulu airnya hingga mendidih.
- Lalu siapkan kopi Kapal Api dengan takaran satu sendok makan saja.
- Kemudian masukkan gula putih sebanyak satu setengah sendok makan, tergantung selera sih
- Sekanjutnya tuangkan air yang mendidih secara perlahan, soalnya puanas.
- Aduk hingga rata pakai sendok, jangan pakai garpu apalagi pakai jari
- Coba dulu sudah pas nggak ? Kalau sudah silahkan diuyup atau disruput

Itulah cara bikin kopi manis. Kalau versi pahitnya tentu lebih mudah lagi yakni cukup dengan 2 sendok kopi saja. Namanya juga kopi pahit, ya semakin banyak kopinya semakin pahit. Cocoknya sih kalau minum kopi pahit sambil ngudud. Kalau nggak punya udud sebatang pun, ya sudah ngutang dulu sana sama warung Ceu Lilis Ciraos.

Kalau Anda mau bikin kopi yang lebih spesial, bisa gunakan alat sederhana yaitu coffee press yang berfungsi sebagai penyaring sehingga kopi kita hasilnya tanpa ampas. Pemakaiannya sangat mudah dan nyucinya juga gampang surampang. Niah gambarnya di bawah.


Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api


Caranya masukkan kopi Kapal Api Special kemasan sachetan semuanya ke dalam coffee press. Masukan air mendidih setengah dari wadah tersebut lalu aduk sampai rata. Sekarang tutup dengan penutupnya selama 3 menit saja. Setelah itu, turunkan penyaringnya secara perlahan.

Selanjutnya silangkan tuangkan ke cangkir. Kalau mau yang pahit, silahkan langsung dinikmati, tapi kalau mau yang manis, silahkan campur dengan gula bodas. Takarannya ya sesuai dengan keinginan saja, soalnya kan tiap jalma berbeda-beda kahayang. Jangan lupa siapkan juga udud atau cemilan yang sesuai selera misalnya wafret, asal jangan makan ngemil beling saja. Sudah gitu aja. Mudah sekali kan ?

Kalau Anda nggak mau repot juga, ya sudah tinggal beli kopi Kapal Api yang Special Mix karena itu kopi tinggal diseduh langsung, soale takaran kopi dan gulanya sudah pas. Harganya murah, paling seribu perakan, yang penting ada air panas. Kalau masih nggak mau ribet lagi, ya sudah ke warkop saja sana. Pesen kopi hitam Kapal Api segelas ke Ceu Lilis.

Ada versi lain bagaimana cara membuat kopi hitam. Biasanya orang langsung seduh dengan air panas, kalau ini tidak. Jadi Anda harus pakai air dingin dulu 2 sendok lalu aduk sampai larut. Tujuannya agar aroma dan rasanya lebih mantap. Baru setelah itu diseduh dengan air panas yang baru mendidih, bukan dari termos yang sudah lama disimpan.

Kalau mau yang gurih-gurih, jangan pakai creamer, tapi pakai susu UHT. Tujuannya biar enaknya lebih gurih. Oh ya, cangkir yang digunakan sebaiknya bukan dari beling atau plastik, tapi dari keramik. Mengapa ? Agar kekuatan panasnya air tahan lama.

Itulah resep cara membuat, meracik kopi hitam merk Kapal Api yang terkenal itu dengan takaran kopi hitam dan gula yang pas serta mantap dan benar plus bagaimana cara menyeduh kopi sachet yang hasilnya luar biasa tanpa ampas.

Tag : kopi kapal api, membuat kopi
Back To Top