Efek Minum Kopi Instan Setiap Hari

Bagi Anda yang gemar dan terbiasa minum kopi sachetan setiap hari, kayaknya harus membaca info tentang efek minum kopi instan setiap hari ini agar Anda tahu dampaknya bagi tubuh dan kesehatan Anda secara umum. Bukannya Saya menakut-nakuti, tapi setidaknya dengan mengetahui info ini, Anda dan Saya juga akan tahu dampak yang ditimbulkan akibat terlalu banyak minum kopi instan.

Dilansir dari laman Halo Sehat, berikut ini adalah beberapa efek yang ditimbulkan akibat minum kopi instan setiap hari.

Memperbesar peluang terjadinya diabetes
Mengkonsumsi kopi instan secara teratur bahkan terlalu sering dapat membuat peluang terkena diabetes semakin besar. Kebanyakan kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang tidak baik dikonsumsi secara teratur. Jika terpaksa mengkonsumsi kopi sachet, maka Anda harus menyeimbangkannya dengan lebih banyak mengkonsumsi air.

Memperbesar peluang terkena penyakit jantung
Karena penggemar jenis kopi sachet saat ini merambah pada usia muda, maka hal ini bisa menyebabkan kemungkinan penyakit jantung jauh lebih besar di usia muda. Kelebihan kafein dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa gangguan kesehatan lainnya juga bisa timbul karena kandungan kafein dalam tubuh terlalu tinggi.

Meningkatkan hipertensi
Terlalu banyak mengonsumsi kopi instan dengan krim dapat meningkatkan kemungkinan terkena hipertensi. Jika dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Ternyata kandungan krim dalam secangkir kopi tidak bisa dicerna sempurna oleh tubuh dan sangat berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Karena itu jika Anda sedang ngidam coffee creammer, segera kurangi atau berhenti mengkonsumsi creammer.

Meningkatkan kolesterol jahat
Pemicu meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh adalah mengonsumsi terlalu banyak kopi sachet. Sekali lagi, kandungan kolesterol dalam krim dan kopi membuat sulit dicerna di dalam tubuh sehingga membuat kandungan kolesterol lebih tinggi.

Memicu kanker
Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti bahwa kopi sachet dapat menyebabkan kanker, namun kandungan di mana jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kanker, yaitu gula dan minyak nabati. Jika kedua konten tersebut diekstrak menjadi satu menggunakan bahan kimia tertentu maka itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jangan melihat bungkus dan murahnya, tetapi Anda harus dapat memperhatikan efek pada kesehatan di kemudian hari.

Penyebab insomnia
Selain masalah kesehatan, dari efek mengkonsumsi kopi sachet yang berlebihan ini bisa menyebabkan insomnia. Banyak orang punya tujuan agar tidak mudah mengantuk jika konsumsi kopi, tetapi jika terlalu banyak maka dapat menyebabkan insomnia. Jika tidak cepat teratasi maka dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Meningkatkan adrenalin
Banyak orang merasa lebih bergairah setelah minum kopi, tetapi efeknya tidak baik untuk kesehatan terutama organ seperti ginjal dan jantung. Peningkatan adrenalin akan membuat kinerja jantung dan ginjal menjadi lebih keras, sehingga sebisa mungkin kurangi konsumsi kopi.

Detak jantung tak teratur
Sebelum tahap penyakit jantung, efek samping dari konsumsi kopi yang berlebihan adalah membuat denyut jantung tidak teratur. Ini tidak terlalu baik karena kapan saja dapat menyebabkan risiko gagal jantung.

Menurut Tribun News, biasanya, mengkonsumsi kopi instan di atas 250 mg (sekitar 4-5 cangkir) dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti palpitasi jantung, kecemasan, insomnia (sulit tidur), tremor saraf (tangan bergetar), bahkan mual hingga muntah.

Sebaiknya konsumsilah 1-3 cangkir sehari. Lebih baik lagi jika kopi tidak terlalu sering dikonsumsi dan diganti dengan segelas jus jeruk, sayuran hijau, dengan konsumsi vitamin B6 dan B12 atau minuman lainnya.

Itulah bahaya atau efek samping akibat terlalu sering minum kopi instan setiap hari. Contoh kopi instan yang dimaksud, bisa kopi tanpa ampas seperti kopi luwak white coffee, indocafe coffeemix atau yang ada ampasnya seperti kopi hitam spesial mix. Ada baiknya sebelum Anda meminumnya, baca dahulu label dan komposisinya untuk mengetahui kandungan kopi sachet tersebut atau kalau ingin meminimalkan efek sampingnya, cari saja kopi instan yang sehat kalau ada.

Nantikan pula artikel lainnya tentang :
- kopi instan yang dilarang 

Tag : efek minum kopi, kopi instan
Back To Top