Resep Kopi Susu Kekinian

Kali ini Saya akan berbagi resep kopi susu kekinian. Kita tahu bahwa di kota-kota besar seperti Jakarta, minuman es kopi susu saat ini sedang disukai oleh remaja dan orang dewasa. Mulai dari kafe, sekarang ada banyak gerai dan usaha kecil yang menyediakan minuman ini. Lalu apa yang membuat minuman ini berbeda dari es kopi susu biasa?

Perbedaan utama adalah penggunaan susu sebagai campuran. Resep es kopi susu tradisional menggunakan krim kental manis sebagai campuran, sedangkan yang sekarang menggunakan susu cair full cream. Gula merah atau gula aren digunakan dalam resep untuk es kopi susu untuk menggantikan rasa manis dari krim kental manis.

Cara membuat es kopi susu sekarang sangat mudah karena dapat dibuat sendiri di rumah tanpa alat pembuatn khusus. Untuk hasil maksimal kami sarankan menggunakan biji arabika yang memiliki karakter asam agar sedikit segar.

Bahan es kopi susu kontemporer yang populer saat ini terdiri dari :
- 15 gram bubuk kopi
- 100 ml air panas
- 5-10 sdm gula merah cair
- 100 ml susu full krim
- 2 sendok makan krim bubuk

Cara membuatnya mudah, cukup campur semua bahan di atas dan tambahkan es batu. Tertarik membuatnya sendiri? Inilah caranya.

Setelah semua bahan siap, yang harus Anda lakukan adalah menyeduh kopi dengan air panas, saring, lalu campur kopi dengan semua bahan lainnya. Jangan lupa menambahkan es batu untuk minuman dingin.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat minuman ini lebih menyenangkan. Misalnya, menggunakan espresso single atau doble shot untuk memperkuat rasa kopi. Variasi lain adalah dengan menggunakan kopi cube sehingga rasa kopi tidak encer saat es mencair.

Resep es kopi susu sekarang sangat fleksibel dan bisa diubah sesuai dengan selera Anda. Untuk membuat momen kopi Anda lebih menyenangkan, selalu gunakan biji kopi segar atau berkualitas tinggi.

Resep Kopi Susu Kekinian Animo
Sebenarnya racikan kopi susu Animo dibuat sederhana saja. Ada campuran es batu, coffee base (bubuk dan susu kental manis), susu segar, serta 1 shot espresso (30 ml). Biji kopi yang dipakai ada blend antara Arabika dan Robusta. Roasting medium dark.

Resep Kopi Caffe Latte
Apakah Anda penggemar kopi yang tidak suka pahit? Caffe Latte tepat untuk Anda! Caffe Latte adalah campuran dari Espresso dan susu, dengan rasa susu yang lebih dominan.

Bahan:
- 6 sendok makan kopi instan
- 800 ml susu full cream hangat
- 200 ml krim kental
- 100 gram gula

Tuang bubuk kopi ke dalam susu hangat, lalu aduk hingga rata. Masukkan campuran bubuk kopi dan susu ke dalam cangkir, lalu sisihkan. Tambahkan krim kental dan gula ke dalam shaker, lalu kocok sampai kaku. Tuang campuran krim dan gula ke kopi, lalu hiasi sesuai selera/

Kopi Alpukat
Siapa bilang kopi hanya enak kalau dicampur dengan krim atau susu? Rupanya, kombinasi kopi dan alpukat juga dapat memberi Anda rasa baru yang pasti lezat! Kopi Alpukat kedengarannya cocok, apakah Anda meminumnya saat makan siang?

Bahan :
- 5 sendok kopi putih
- 2 sendok makan susu bubuk
- 2 gelas belimbing air hangat
- 1/2 gelas air suhu kamar
- 1 alpukat matang
- Gula sesuai selera
- Es batu secukupnya

Tambahkan alpukat dengan air dan sedikit gula ke dalam blender. Tuang ke dalam gelas, sisihkan. Aduk kopi dan susu bubuk dengan air hangat, lalu tambahkan gula secukupnya. Tambahkan campuran kopi putih dengan es batu ke dalam shaker, lalu aduk sampai rata. Tuang kopi ke dalam segelas jus alpukat. Tambahkan es batu dan gula secukupnya.


Resep Kopi Susu Kekinian

Resep Kopi dan Coklat
Setelah bekerja seharian, senangnya kalau minum yang hangat dan manis. Apakah lebih baik minum kopi atau cokelat? Alih-alih bingung, gabungkan keduanya!

Bahan :
- 1 sachet kopi hitam instan
- 70 gr cokelat hitam.
- Gula sesuai selera
- Susu bubuk Milo secukupnya
- 250 ml susu krim penuh

Potong cokelat menjadi potongan-potongan kecil, dan letakkan di mangkuk tahan panas. Isi panci dengan setengah air, lalu panaskan. Masukkan mangkuk berisi cokelat ke dalam panci, pastikan air di dalam panci tidak melebihi ketinggian mangkuk.

Aduk cokelat sampai meleleh di atas api sedang, agar air panci tidak mendidih. Saat air mendidih, uap air akan bercampur dengan cokelat dan menyebabkan cokelat menggumpal. Jika cokelat sudah terkena air, tambahkan sedikit mentega ke cokelat saat sudah meleleh lagi. Sisihkan cokelat leleh.

Masak susu sampai mendidih, lalu kecilkan api. Masukkan cokelat leleh, bubuk kopi, dan gula pasir. Aduk semuanya sampai halus. Tuang campuran cokelat dan kopi ke dalam gelas, taburi dengan bubuk susu Milo. Tambahkan es krim, atau es batu jika Anda suka/

Milkshake Kopi Putih
Hanya punya beberapa sachet kopi putih di rumah? Anda bisa membuat milkshake kopi putih. Bahan dan metode membuatnya mudah dan tidak butuh waktu lama.

Bahan :
- 2 bungkus kopi putih
- 1/2 gelas air panas
- 2 sendok makan gula sesuai selera
- 200 ml susu putih cair
- Bagian biskuit Oreo, pisahkan menjadi potongan-potongan kecil
- 2 sendok makan gula sesuai selera
- Es dan air es yang memadai

Seduh kopi putih dengan air panas. Masukkan kopi putih, susu cair, gula, es, dan potongan Oreo ke dalam blender dan blender hingga tercampur rata. Tuang milkshake kopi putih ke dalam gelas, taburi dengan potongan Oreo.

Demikianlah beberapa resep es kopi susu kekinian baik tradisional maupun ala cafe. Nantikan pula artikel tentang resep es kopi susu pandan, resep kopi kulo, resep kopi botol dan juga cara membuat gula aren cair untuk kopi.

Sumber :
https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/resep-es-kopi-susu-kekinian/
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3557975/begini-cara-meracik-es-kopi-susu-kekinian-yang-enak
http://www.nadipos.com/blog/resep-kopi/

Back To Top