Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Sebelum mengetahui manfaat kopi hitam tanpa gula, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu kopi hitam. Pada dasarnya, kopi hitam adalah minuman olahan yang diekstraksi langsung dari rebusan biji kopi panggang dan disajikan tanpa menambahkan apa pun yang dapat mengubah warnanya.

Tidak seperti cappuccino atau macchiato yang ditambahkan susu, foam  atau es krim, kopi hitam bahkan tidak boleh mendapatkan tambahan bahan alami seperti gula. Namun, beberapa orang yang tidak terlalu menyukai rasa pahit yang disebabkan oleh kopi, pada akhirnya akan menambahkan gula untuk memberikan rasa manis.

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia, salah satunya adalah di Indonesia. Negara ini memiliki banyak varietas kopi yang tumbuh di hampir semua wilayah di Indonesia. Hal ini menyebabkan kopi seolah tidak dapat dipisahkan dari budaya masyarakat di Indonesia.

Untuk penikmat kopi 'veteran'. Jenis kopi yang paling dicari adalah kopi hitam. Bagi sebagian orang, menikmati kopi hitam berarti menikmati rasa kopi yang sebenarnya. Ternyata, kopi hitam juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Menariknya, sebuah penelitian yang dirilis oleh Universitas Innsbruck Austria pada 2015 menunjukkan hasil yang mengejutkan. Dilansir dari Reader's Digest, para pecinta makanan dan minuman pahit serta kopi hitam cenderung memiliki kepribadian psikopat atau sadis.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite, dilakukan melalui survei terhadap 1.000 orang dewasa tentang preferensi selera mereka. Dalam penelitian ini ada juga tes kepribadian yang dapat menilai keberadaan ciri-ciri machiavellian seperti narsisme, psikopat, sadisme, dan agresi dalam diri seseorang.

Meski kedengarannya mengerikan, tetapi Anda tidak perlu khawatir apalagi mencoba mengganti kopi hitam menjadi ramuan lain. Karena bagaimanapun, preferensi rasa dapat dipengaruhi oleh pengalaman pribadi dan budaya, tidak selalu oleh kepribadian.

Di sisi lain, kopi hitam tanpa gula juga memiliki manfaat lebih untuk tubuh Anda. Mungkin Anda bertanya-tanya apa manfaatnya? Silahkan Lanjutkan untuk melihat artikel ini sampai selesai.

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula


Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Anda yang terbiasa minum kopi hitam tanpa gula harus senang, karena, kopi hitam tanpa gula memberikan segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Kopi pada dasarnya adalah produk alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Hanya saja dengan menambahkan gula ke dalamnya, minuman ini justru dapat menyebabkan pergeseran kandungan nutrisi. Apalagi jika kadar pemanis buatan melebihi ambang yang disarankan.

Menurut American Heart Association (AHA), jumlah asupan gula tambahan yang aman adalah sembilan sendok teh (setara 36 gram atau 150 kalori) per hari untuk pria dan enam sendok teh (setara 25 gram atau 100 kalori) per hari untuk wanita. Konsumsi kelebihan gula akan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2.

Di Indonesia, kopi hitam dikenal sebagai minuman yang dapat meningkatkan tingkat energi sehingga akan menghilangkan kantuk dan membuat Anda bersemangat dalam melakukan aktivitas. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa kopi hitam memiliki manfaat lebih dari itu.

Minuman ini juga kaya akan antioksidan yang berperan sangat penting bagi kesehatan. Kopi hitam juga mengandung nutrisi penting, seperti kromium, kalium, niasin, vitamin E, dan magnesium. Tentu saja, kopi hitam mengandung kafein yang ternyata juga memiliki khasiat bagi tubuh.

Bukan hanya mengatasi kantuk, tetapi ada juga yang lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari secangkir kopi hitam tanpa gula.

Meningkatkan Mood dan Memori
Kafein yang terkandung dalam kopi hitam adalah stimulan psikoaktif, yang dapat merangsang sistem saraf simpatik dan memengaruhi kerja organ. Saat Anda mengonsumsi kopi, kafein langsung masuk ke sistem pencernaan dan aliran darah, hingga akhirnya mencapai otak.

Proses yang memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit akan menghambat kerja reseptor adenosin, yang merupakan neurotransmiter di otak yang membuat kita mengantuk. Jika adenosin berkurang, tubuh akan lebih segar, sebaliknya jika adenosin meningkat, itu akan membuat tubuh merasa lelah. Kafein sendiri memiliki struktur yang menyerupai reseptor adenosin.

Menariknya, kafein tidak hanya dapat mengurangi rasa kantuk, tetapi juga dapat meningkatkan neurotransmiter lain, yaitu norepinegrin dan domapin. Zat-zat ini dapat meningkatkan mood, energi, memori, kecepatan respons, dan fungsi kognitif umum Anda. Ini menyebabkan neuron di otak bekerja lebih cepat dan meningkatkan daya ingat Anda.

Berguna untuk Hati
Hati adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Ini karena hati memiliki banyak fungsi, seperti penawar racun, mengatur sirkulasi hormon, dan mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, dan juga protein.

Tidak seperti meminum alkohol yang berbahaya bagi tubuh, kopi hitam tanpa gula sebenarnya memiliki manfaat untuk hati Anda. Di antaranya adalah dapat membantu mencegah kanker hati, hepatitis, perlemakan hati, dan sirosis.

Sirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan hati jangka panjang dan meninggalkan bekas sehingga hati tidak bisa bekerja secara normal. Secara umum, penyakit ini terjadi pada orang yang mengonsumsi alkohol, makanan laut mentah, dan mengonsumsi obat-obatan berlebih.

Menariknya, risiko seseorang terkena penyakit hati yang mengarah pada sirosis dapat dikurangi dengan secara teratur mengonsumsi kopi hitam. Penelitian mengatakan orang yang rutin minum kopi hitam setiap hari memiliki risiko lebih rendah untuk sirosis hingga 65 persen.

Mengkonsumsi empat gelas kopi hitam setiap hari dapat mengurangi kemungkinan penyakit hati tumbuh hingga 80 persen. Lebih mudahnya, empat gelas itu setidaknya setara dengan 700 ml atau 2 gelas tinggi salah satu kafe kopi terkemuka di dunia.

Perlu diingat bahwa manfaat kopi hitam tanpa gula tidak dimaksudkan untuk menggantikan fungsi obat secara medis. Jika Anda memiliki masalah kesehatan di atas, temui dokter Anda.

Menenangkan Tubuh dan Pikiran
Pernahkah Anda merasa tenang saat mencium aroma kopi? Tidak perlu kaget atau bingung, karena pada dasarnya kopi dapat mengubah komposisi protein di otak yang disebabkan oleh stres, terutama yang disebabkan oleh kurang tidur.

Itulah sebabnya terkadang Anda bisa merasa lebih baik di pagi hari setelah mengonsumsi secangkir kopi hitam. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih baik lagi, cobalah untuk tidak menambahkan gula ke kopi.

Membersihkan Perut
Kopi termasuk dalam minuman diuretik, minuman yang dapat meningkatkan laju aliran urin. Jadi ketika Anda mengkonsumsi minuman pahit ini, Anda akan lebih sering merasa ingin buang air kecil. Saat itu zat-zat limbah seperti racun atau obat-obatan dalam tubuh terbuang dengan mudah dalam bentuk urin. Dengan begitu, minuman pahit ini bisa membantu membersihkan perut Anda.

Manfaat minum kopi tanpa gula untuk diet
Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar manfaat kopi hitam tanpa pemanis untuk diet Anda, tetapi Anda tidak percaya. Padahal kafein adalah salah satu zat yang bisa ditemukan dalam banyak suplemen penurun berat badan.

Kafein yang ditemukan dalam kopi hitam dapat membantu membakar kalori dan lemak perut setidaknya hingga 4 persen. Selain itu, kafein juga dapat merangsang sistem saraf yang memberi sinyal tubuh untuk memecah sel-sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Salah satu cara untuk mengoptimalkannya adalah dengan mengkonsumsinya setidaknya 30 menit sebelum berolahraga. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme setidaknya 50 persen, sehingga tubuh Anda akan berusaha berolahraga lebih keras.

Selain itu, tidak menggunakan gula dalam cangkir kopi hitam Anda juga dapat sangat membantu mengurangi lemak perut. Sebuah studi dalam Journal of American Heart Association menyatakan bahwa gula dapat menyebabkan lemak perut. Jika tidak segera berhenti, maka bisa memicu obesitas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebutkan kadar gula yang dapat ditambahkan ke makanan dan minuman, maksimum 10 persen dari total kalori per hari. Sederhanaannya adalah sama dengan  3 hingga 12 sendok teh, dengan catatan bahwa 1 sendok teh setara dengan 4 gram gula dan setiap gram mengandung 4 kalori.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Anda mungkin pernah mendengar bahwa minum kopi hitam setiap hari dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi tiga cangkir kopi hitam tanpa gula sehari sebenarnya dapat berdampak positif bagi jantung?

Ini karena minuman berwarna gelap ini kaya akan polifenol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Tidak hanya itu, polifenol dalam kopi dapat mengurangi tingkat trombosit aktif dalam darah, sehingga dapat membantu mencegah pembekuan darah yang menyebabkan stroke.

Cara kerja polifenol dalam meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan mengurangi konsentrasi protein C-reactive (CRP) dalam tubuh. CRP adalah protein yang diproduksi oleh hati ketika ada infeksi atau peradangan dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi dengan bantuan polifenol, penurunan CRP dapat mengatasi masalah penyakit.

Mengurangi konsumsi gula juga telah terbukti membantu mengurangi kerusakan pada jantung. Sebuah studi yang dirangkum dalam Journal of American Heart Association menemukan bukti kuat tentang mekanisme gula dalam merusak jantung. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa molekul dalam gula yang disebut glukosa 6-fostat dapat menyebabkan perubahan otot di jantung dan menyebabkan gagal jantung.

Sumber antioksidan dan nutrisi lainnya
Kopi adalah minuman yang mengandung banyak antioksidan dan berbagai sumber nutrisi seperti potasium, kromium, niasin, magnesium, dan vitamin E. Jadi minuman pahit ini dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan pada sel, protein, DNA, dan mengganggu keseimbangan tubuh, tetapi juga dapat berdampak pada wajah. Jika seseorang terpapar radikal bebas, wajahnya dapat berisiko terlihat kusam, kering, hitam, hingga kanker kulit.

Semua antioksidan dan nutrisi baik yang ada dalam secangkir kopi hitam tanpa gula, dapat memberikan manfaat yang baik untuk wajah Anda. Terlebih lagi, tubuh manusia dapat menyerap nutrisi dari kopi lebih dari sumber antioksidan lain seperti buah-buahan dan sayuran.

Mengurangi Potensi Diabetes Tipe 2
Karena dikonsumsi tanpa gula, kopi hitam dapat memberikan manfaat untuk mengurangi potensi diabetes. Faktanya, sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi secangkir minuman berkafein dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen.

Ini karena, kopi tanpa gula hitam mengandung magnesium dan kalium, yang memiliki manfaat menstabilkan produksi insulin dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan ringan dan permen.

Perlu dicatat bahwa ini tidak akan berpengaruh jika Anda menambahkan krim dan gula ke minuman berkafein Anda. Sebaliknya, minuman ini justru akan meningkatkan potensi diabetes Anda.

Mengurangi risiko tertular Parkinson
Tidak seorang pun di dunia ini yang ingin memiliki penyakit neurodegeneratif, yaitu penyakit otak yang menyerang saraf dan mempengaruhi gerakan motorik seseorang. Salah satunya adalah penyakit Parkinson, di mana saraf di daerah pusat otak merosot perlahan-lahan menyebabkan masalah dalam gerakan serta koordinasi otot dan sendi.

Tanda-tanda awal adalah tremor tangan, anggota badan dan punggung kaku, gerakan lambat, dan postur yang tidak stabil. Jika salah satu anggota keluarga Anda menderita Parkinson, kekhawatiran Anda juga akan muncul.

Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir. Parkinson dikaitkan dengan penurunan jumlah dopamin dalam tubuh, sementara kafein dapat meningkatkan kadar dopamin di otak. Dengan demikian, minum kopi tanpa gula dapat memberikan manfaat untuk mengurangi perkembangan penyakit Parkinson hingga 60 persen.

Namun, kita juga harus menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan, terutama dengan mempertahankan pola makan dan olahraga teratur.

Mengurangi Risiko Kanker
Kanker sekarang termasuk dalam salah satu pembunuh terbesar di dunia. Maka banyak orang mulai berlomba-lomba mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengurangi risiko kanker. Jika Anda sudah mulai mengonsumsi kopi hitam secara teratur tanpa gula, itu adalah pilihan yang tepat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman pahit ini dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker prostat pada pria sebesar 20 persen dan kanker endometrium pada wanita sebesar 25 persen. Kafein yang terkandung dalam minuman ini juga dapat mencegah perkembangan karsinoma sel basal, yang merupakan salah satu jenis kanker kulit yang paling umum.

Selain jenis kanker di atas, minum kopi hitam juga mengurangi risiko kanker kolorektal dan kanker hati hingga 15 hingga 40 persen.

Mengurangi Stres dan Depresi
Stres terjadi akibat banyaknya tekanan di tempat kerja sehingga membuat Anda depresi dan juga masalah kesehatan lainnya. Seperti disebutkan sebelumnya, kopi hitam tanpa gula memiliki manfaat meningkatkan dopamin di otak. Tidak hanya dopamin, minuman berkafein ini juga dapat meningkatkan serotonin dan noradrenalin.

Zat kimia ini juga berperan dalam meningkatkan kebahagiaan seseorang. Jadi, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung dopamin seperti kopi dapat meningkatkan mood, membuat Anda lebih bahagia, dan mengurangi stres.

Mengkonsumsi dua cangkir kopi hitam tanpa pemanis setiap hari dapat mengurangi kemungkinan depresi hingga 20 persen. Bahkan, jika Anda menemukan orang yang dicintai merasa stres atau tertekan, cobalah untuk membuatnya menikmati secangkir kopi hitam tanpa gula di kafe terdekat.

Membantu Hidup Lebih Lama 
Mengingat banyak manfaat kopi bagi tubuh, tidak salah untuk menyimpulkan bahwa kopi hitam membantu Anda hidup lebih lama. Sebuah studi dari Harvard School of Health menyatakan, minum kopi dikaitkan dengan penurunan 20 persen risiko kematian pada pria dan penurunan 26 persen dalam risiko kematian bagi wanita yang rentan usia 18-24 tahun.

Meningkatkan kinerja fisik
 Kafein yang terkandung dalam kopi hitam merangsang sistem saraf Anda, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tetapi juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah Anda. Penelitian yang dilakukan oleh University of Luton menyatakan ilmu biomedis, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata sebesar 11-12 persen.

Membakar lemak 
Segelas kopi hitam dapat membantu Anda membakar lemak jahat di tubuh Anda. Kafein yang ditemukan di setiap biji kopi adalah salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu membakar lemak. Penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi University of London menyatakan, kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga tiga hingga 11 persen.

Namun, efek ini akan menurun dalam jangka panjang.  Dengan kata lain, metabolisme dalam tubuh akan beradaptasi seiring dengan semakin sering kita mengonsumsi minuman yang satu ini.

Meningkatkan kinerja tubuh selama berolahraga
Kopi hitam secara drastis meningkatkan kinerja fisik Anda dan membantu Anda melepaskan 100 persen dari potensi energi Anda saat berolahraga. Inilah yang menyebabkan pelatih olahraga merekomendasikan kopi sebelum memulai olahraga.



Bahaya Minum Kopi Hitam Berlebihan

Setelah membaca tentang manfaat minum kopi hitam tanpa gula di atas, pastikan memperhatikan cara minum kopi tanpa gula yakni untuk tidak minum dalam jumlah berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak bijaksana, walaupun kopi hitam tanpa gula ini termasuk dalam minuman sehat. Nikmati minuman ini dalam batas normal dan dapatkan manfaatnya!

Meskipun banyak manfaat kopi hitam tanpa gula, kita tetap tidak boleh berlebihan meminumnya. Sebuah studi mengatakan bahwa minum kopi lebih dari dua cangkir per hari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang dilahirkan dengan kelainan genetik tertentu.

Konsumsi berlebihan kopi hitam tanpa filter, termasuk kopi yang diseduh dan espresso, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol total dalam tubuh, namun efeknya masih berskala sedang. Demikian berbagai manfaat minum kopi hitam pahit tanpa gula bagi wanita dan pria. Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://www.posbagus.com/kuliner/manfaat-kopi-hitam-tanpa-gula/
https://travel.kompas.com/read/2019/08/13/190800227/10-manfaat-minum-kopi-hitam-tanpa-gula-dan-susu?page=all
https://bangka.tribunnews.com/2020/02/09/yuk-intip-manfaat-kopi-hitam-tanpa-gula?page=all

Tag : manfaat kopi hitam
Back To Top